10 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Lemari Pembeku

Lemari pembeku atau juga terkadang disebut dengan freezer pada dasarnya akan membuat makanan jauh lebih awet dari pada sebelumnya. Hal ini terjadi karena makanan tersebut akan dibekukan terlebih dahulu biar tidak membusuk.

Tetapi hal ini tidak berlaku pada beberapa makanan berikut. Hal itu terjadi karena beberapa penyebab seperti karakter makanannya ataupun mengurangi kualitas gizinya. Maka dari itu, berikut 10 makanan yang tidak boleh disimipan di lembari es.

1. Kentang

Kentang merupakan salah satu umbi-umbian yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Meskipun tidak menjadi salah satu kebutuhan pokok tetapi kentang cukup mahal dibandingkan produk sejenis. Namun apakah kamu tau bahwa kentang tidak boleh disimpang dalam lemari es? Hal ini karena kentang banyak mengandung air atau kandungan air sangat tinggi. Sehingga saat dimasukkan kedalam lemari es akan mengakibatkan tekstur kentang menjadi sangat lembek.

2. Telur mentah yang belum dibersihkan

Telur mentah yang belum dibersihkan jika dimasukkan ke dalam freezer akan berakibat beberapa hal seperti gampangnya menyebarkan bakteri dan juga pecah / retak. Ini akan menyebabkan penyebaran bakteri yang lebih banyak jika kamu tidak waspada dengan hal tersebut. Namun beda kasus jika kamu memasukkan telur yang sudah direbus dalam freezer, itu tidak masalah.

3. Bawang putih

Memasukkan bawang putih dalam lemari pembeku akan menyebabkan rasa yang lebih pahit dan aroma yang terlalu kuat. Hal ini terjadi karena zat yang terkandung dalam bawang putih akan mengkrital dan kuat, jadi ketika dimasukkan dalam freezer dia akan mengeluarkan aroma yang lebih kuat. Maka dari itu, sebaiknya taro bawang di luar.

4. Tomat Segar

Buah tomat yang masih segar juga tidak boleh dimasukkan ke dalam lemari pendingin karena akan membuat tekstur menjadi lembak. Tetapi jika kamu masukkan ke dalam lemari pendingin biasa tidak akan teralu bermasalah.

5. Gorengan

Gorengan juga tidak disarankan disimpan dalam lemari es karena akan membuat lembek dan mengeluarkan air. Ini akan menyebabkan rada dan kualitas gorengan makin menurun.

6. Daging yang telah dibekukan kemudian dicairkan dan dibekukan lagi.

Ini hal yang juga dilarang oleh berbagai lembaga kesehatan. Ini terjadi karena kualitas daging akan sangat menurun dan memungkinkan peningkatan baketeri pada lebih lebih lanjut.

7. Yoghurt

Jika meletakkan yoghurt pada freezer akan menyebabkan kehilangan rasa creamy dan akan berubah menjadi lebih kasar. Hal ini terjadi karena bakteri sehat yang ada pada yoghurt berubah fungsi seperti menjadi es krim.

8. Biji Kopi

Kopi juga tidak disarankan masuk freezer karena akan merusak aroma kopi tersebut dan aroma makanan sekitar. Kopi pada dasarnya akan menyerap aroma sekitar dan menularkan aroma yang kuat. Maka dari itu jangan gabungkan kopi pada freezer Anda.

Sekian dulu pembahasan kami kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan memiliki manfaat bagi semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *