5 Alasan Smartphone Sangat Mudah Error pada Umunya

Smartphone menjadi salah satu peralatan yang harus dibawa saat ini. Namun dari waktu ke waktu, permintaan akan spesifikasi smartphone berkualitas menjadi kebutuhan utama. Hal ini terjadi karena makin banyak jenis aplikasi dan kebutuhan kecepatan akses suatu aplikasi. Tentu salah satu penyebab lainnya adalah error pada smartphone yang sering terjadi.

Apakah kamu tau bahwa error pada smartphone sebenarnya bisa diatasi? Jenis error yang bisa diatasi tentu perkara ringan saja tetapi jika perkara ringan diabaikan maka akan memberikan efek jangka panjang yang tidak menyenangkan. Maka dari itu, berikut beberapa hal yang menyebabkan smartphone mudah error yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Tidak Membersihkan Cache Secara Berkala

Cache atau terkadang juga bisa dibilang sebagai folder sampah adalah tempat untuk menyimpan data jangka pendek. Tujuannya supaya kamu tidak perlu melakukan load dari awal kembali. Namun jika dibiarkan terlalu lama maka file ini akan menumpuk dalam jumlah besar. Hal ini akan mengakibatkan kemampuan memori eksternal menjadi menurun.

Penyebab menurunnya kemampuan memori eksternal ini biasanya dikarenakan semakin besar file yang harus disimpan. Maka dari itu, sebaiknya lakukan pembersihkan cache secara berkala. Dengan melakukan pembersihan secara berkala akan memberikan manfaat pada performa smartphone Anda untuk menjadi lebih baik.

2. Membuka Banyak Aplikasi dalam Waktu Bersamaan

Membuka aplikasi terlalu banyak pada saat bersamaan juga akan memberikan efek buruk pada performa smartphone Anda. Khususnya jika handphone kamu memiliki kapasitas RAM yang kecil.

Kapasita RAM yang kecil akan memberikan akibat makin banyaknya pemakaian RAM saat menggunakan aplikasi dalam jumlah banyak. Maka dari itu biasanya smartphone akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan hasil yang lebih baik lagi.

3. Tidak Menutup Aplikasi yang Telah Digunakan

Salah satu hal lain untuk mencegah smartphone sering error adalah dengan memastikan bahwa aplikasi yang telah digunakan langsung ditutup. Ditutup disini maksudnya adalah langsung memastikan bahwa tidak running lagi di layar. Tujuannya supaya RAM kamu jauh lebih hemat dari sebelumnya.

Penghematan RAM ini akan memberikan manfaat yang besar bagi kecepatan smartphone Anda. Seperti yang disebutkan sebelumnya, RAM merupakan bagian penting dalam smartphone.

4. Kualitas Baterai Menurun

Selain RAM dan penyimpanan, performa baterai juga menjadi salah satu faktor penting dalam kejadina error. Hal ini terjadi karena ketika kualitas baterai menurun maka akan sering terjadi mati tiba-tiba.

Smartphone yang sering mati tiba-tiba akan memberikan efek buruk pada unit dalam smartphone. Tidak hanya akan merusak RAM tetapi juga merusak komponen lainnya. Maka dari itu, saat baterai Anda menurun daya tahannya maka harap waspada. Sebaiknya dimatikan ketika di cas supaya tidak sering mati sendiri.

5. Terlalu Banyak Foto dan Video

Terlalu banyak foto dan video akan membuat memory external menjadi berat. Hal ini juga akan berefek pada performa smartphone karena smartphone juga membutuhkan memory external yang memadai. Maka dari itu, jangan terlalu banyak menyimpan video dan foto pada smartphone Anda. Pindahkan data tersebut ke google drive ataupun penyimpanan lain yang banyak tersedia.

Sebenarnya ada banyak lagi yang bisa menyebabkan smartphone error tetapi kami hanya menyampaikan beberapa hal yang umum dan sering terlupakan. Apakah kamu juga sering melupakan hal yang serupa? Yuk di cek lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *