5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Asam Lambuk

Asam lambung naik akan membuat perut menjadi sangat perih dan pusing. Biasanya salah satu pertanda bahwa asam lambung naik adalah penyakit maag ataupun lebih parah lagi adalah GERD. Rasa yang umumnya terjadi adalah nyeri pada ulu hati, sakit pada perut, mules dan mual ataupun rasa terbakar pada bagian dada.

Biasanya penyakit ini sering dialami oleh orang yang suka telat makanan ataupun kelebihan berat badan. Maka dari itu, makan teratur dan berat badan seimbang merupakan salah satu solusi terbaik disini.

Namun, juga ada beberapa kebiasaan buruk yang justru bisa memicu asam lambung. Apa saja sih? Berikut penjelasannya

1. Konsumsi Pengganti Gula Secara Berlebihan

Memakan makanan yang memberikan pernyataan bebas gula pada minuman ataupun makanan tidaklah 100% aman. Hal ini karena mereka menggantikan gula dengan hal lain. Meskipun rendah kalori tetapi hal ini justru bisa memberikan efek samping tambahan. Biasanya bahan yang digantingkan untuk bebas gula adalah zat yang menyebabkan gas dan tidak nyaman di perut.

2. Minum Soda

Minum soda dalam jumlah besar akan membuat asam lambung menjadi naik. Hal ini karena perut harus memproses secara maksimal minuman soda tersebut supaya bisa diterima oleh tubuh. Maka dari itu, hindari minum minuman bersoda.

3. Makan dalam Porsi Besar

Makan dalam porsi besar akan membuat otot perut menjadi renggang hingga maksimal. Namun hal ini justru tidak baik karena makanan tersebut nantinya akan menekat sfingtes esofagus Anda. Terlalu banyak bagian ini ditekan oleh makanan justru tidak akan bagus karena akan meningkatkan produksi asam lambung. Akibatnya, anda akan mulai mual dan asam lambung naik ke kerongkongan.

4. Berbaring Setelah Makan

Tahukah kamu bahwa setelah makan sebaiknya duduk selama setengah jam dan bisa ditambahkan dengan melangkah minimal 40 langkah? Namun jika kamu langsung berbaring, ini akan sangat berefek buruk bagi kesehatan. Tidak hanya pada lambung tetapi juga meningkatkan resiko diabetes juga.

Maka dari itu, jika kamu memang terpaksa harus berbaring setelah makan maka usahakan jalan 40 langkah dan berbaring ke sisi kiri dan pastikan bagian tubuh naik keatas. Ini akan meminimalisir resiko yang tidak diharapkan.

5. Makanan Berlemak Tinggi

Ini adalah hal umum tetapi kamu pasti masih sering melakukannya. Ketika memasukkan makanan berlemak tinggi dan digoreng, perutmu akan memicu produksi asam lambung lebih banyak lagi. Maka dari itu jika tidak tertampung oleh lambung Anda maka Anda akan mual dan muntah.

Maka dari itu sebaiknya hindari makanan berlemak tinggi seperti gulai daging, babat dan sejensinya. Kamu bisa konsumsi makanan lebih sehat lagi untuk mengatasi hal tersebut.

Pada akhirnya, jika kamu terlalu sering mengalami asam lambung naik, sebaiknya konsultasi ke dokter. Pilihlah dokter terdekat dari rumah Anda dan memiliki harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *