5 Kegiatan Tepat Setelah Makan Seafood Supaya Kolesterol Turun

Meskipun seafood tinggi akan protein dan asam lemak omega-3, tetapi ternyata seafood juga tinggi akan kolesterol. Memang kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh tetapi buat kamu yang sudah memiliki kolesterol berlebih maka ada baiknya melakukan beberapa hal berikut setelah makan seafood. Tujuannya tentu untuk mengongtrol kolesterol supaya tidak naik

1. Olah Seafood dengan Benar

Makanan yang kaya akan gizi juga berbahaya jika diolah dengan tepat termasuk seafood. Pengolahan seafood yang paling tepat adalah dengan memanggang, merebus, mengukus ataupun menumis. Hindari memasak seafood dengan cara menggoreng.

Anda jika terpaksa harus menggoreng seafood maka pastikan menggunakan minyak canola atau minyak zaitun. Gunakan minyak secukupnya dan goreng sampai tidak terlalu kering.

2. Lakukan Olahraga

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa olahraga merupakan salah satu solusi utama bagi kesehatan manusia. Hampir semua jenis penyakit membutuhkan olahraga sebagai salah satu cara pencegahan utamanya.

Kamu bisa melakukan olahraga rutin 30 menit per hari ataupun 2 jam per minggu. Pilihannya tentu tergantung seberapa mungkin kamu melakukan hal tersebut karena semua akan kembali lagi kepada kondisi masing-masing. Namun jika bisa mengerjakan olahraga rutin minimal 30 menit per hari maka akan sangat baik untuk kesehatan kolesterol kita.

3. Makan Buah dan Sayur

Ketika makan seafood maka biasakan juga makan buah dan sayuran sebelum dan setelah makan seafood. Buah dan sayuran juga bisa mengurangi takaran makananmu. Jadi kolesterol bisa diminimalisir hingga pada level yang paling rendah.

Sayur dan buah untuk menurunkan kolesterol adalah apel, pir, stroberi, wortel, pepaya dan berbagai jenis buah lainnya. Kamu juga bisa mengkombinasikan buah tersebut dengan beberapa jenis buah lainnya.

4. Minum Air Hangat

Makan-makanan berkolesterol dengan air dingin adalah kombinasi yang tidak baik bagi kesehatan. Hal ini karena kandungan lemak akan menggumpal dan membuat tubuh sedikit sulit mencernanya. Maka dari itu, gunakan air hangat saat makan seafood. Air hangat yang kita konsumsi akan membuat tubuh mencerna makanan lebih cepat dan mengeluarkan kolesterol yang masuk dalam tubuh Anda.

5. Jangan Langsung Berbaring ataupun Tidur

Tidak hanya dapat menyebabkan asam lambung tinggi ketika setelah makan langsung berbaring tetapi juga bisa menyebabkan kolesterol meningkat. Maka dari itu, pastikan kamu tidak langsung berbaring setelah makan. Usahakan 3 jam setelah makan, baru deh berbaring. Jika bisa ditambahkan dengan olahraga santai akan jauh lebih baik dari pada sebelumnya.

Sekian dulu paparan kami kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *