5 Tanda Smartphone Anda Sedang Disadap

Saat ini, sangat banyak tindakan kejahatan penyadapan smartphone karena sangat banyak celah pada smartphone tersebut. Kasus yang paling umum adalah penyadapan whatsapp. Tentu kamu harus waspada pada berbagai kejadian yang tidak diharapkan.

Maka dari itu, kami berikan informasi mengenai 5 tanda smartphone sedang disadap:

1. Baterai Mudah Panas dan Cepat Habis

Sebenarnya ada berbagai penyebab baterai handphone anda cepat panas ataupun habis. Biasanya karena penggunaan game yang berlebihan ataupun penggunaan aplikasi secara berlebihan. Namun jika kamu tidak menggunakan aplikasi apapun tetapi batrai tetap boros maka perlu dipertanyakan.

Jika hal ini terjadi pada smartphone Anda maka harap waspada karena mungkin saja smartphone Anda sedang disadap. Penggunaan aplikasi malware akan menyebabkan smartphone Anda menjadi cepat panas dan baterai habis karena memerlukan pengoptimalan aplikasi secara terus menerus.

2. Penggunaan Data Seluler Meningkat dari Pada Biasanya

Salah satu ciri lainnya adala penggunaan data seluler meningkat cukup tajam karena setiap aplikasi sadap memerlukan upload data yang cukup banyak. Hal ini terjadi karena mereka harus mendapatkan data Anda dengan metode internet. Makanya data seluler Anda akan meningkat.

Data seluler meningkat ini bukan karena kamu nonton kebanyakan atau main game kebanyakan ya. Jadi jika sudah diluar batas wajar maka itu salah satu tanda utamanya.

3. Kinerja Smartphone Menurun Tajam

Anda tidak ada menginstal aplikasi bahkan sudah buang beberapa aplikasi tetapi smartphone Anda tetap berat kinerjanya. Jika kamu mengalami hal yang serupa maka kemungkinan smartphone Anda sedang disadap. Kinerja menurun ini diakibatkan oleh malware yang mengincar smartphone Anda membuat pemakaian RAM cukup tinggi.

4. Sering Mendapatkan Pop up Aneh atau Pesan Text Aneh

Pernahkah smartphone Anda mengeluarkan popup aneh? Jika iya maka tidak menutup kemungkin bahwa handphone anda sedang disusupi malware ataupun penyadap lainnya. Biasanya tindakan ini terjadi karena aplikasi malware tersebut sedang mengirimkan pesan ke target report mereka.

5. Aplikasi yang Tidak Diinginkan Terpasang Sendiri

Hampir sebagian besar aplikasi yang ada di smartphone Anda akan muncul dibagian layar. Namun jika kamu melihat bahwa tidak pernah memasang aplikasi tersebut tetapi terpasang pada smartphone Anda maka sebaiknya kamu memantau dan memastikan lebih lanjut. Apakah yang memasang kamu atau teman atau saudara atau benar – benar terpasang oleh malware.

Maka dari itu, melakukan pengecekan smartphone secara reguler akan sangat membantu untuk memastikan bahwa smartphone Anda tetap aman. Salin itu juga kamu harus mencoba berbagai cara untuk memantau apakah terjadi penyadapan atau tidak.

Tahap akhir jika kamu merasa smartphone anda disadap tetapi tidak tau bagaimana cara mengatasinya maka bisa melakukan reset pabrikan. Namun efek sampingnya adalah datamu hilang secara keseluruhan. Pastikan sudah melakukan backup data penting sebelum melakukan hal tersebut.

Sekian dulu penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *