6 Brand Smartphone China yang Mungkin Tidak Pernah Kamu Dengar

Industri hp di china sangat maju dengan pesat. Pembuatan smartphone saja disana dikabarkan bisa dikerjakan dari industry rumahan saja. Jika dibayangkan dengan Indonesia maka seperti industri pakaian di Indonesia mirip dengan industri smartphone disana.

Maka dari itu industri smartphone disana sangat cepat menghasilkan produk dengan brand – brand yang mungkin tidak pernah kamu dengar. Namun dari segi bentuk, tidak kalah bagus loh dari brand ternama. Bahkan diklaim beberapa produk yang mereka keluarkan juga memiliki performa yang sangat baik.

Apa saja 6 brand smartphone tersebut? Yuk disimak.

1. Zopo

Zopo merupakan salah satu brand lokal china yang bermarkas di Shenzen. Produk ini menjadi salah satu produk yang berhasil menggaet pembalap Jorge Lorenzo sebagai brand ambassador dari Zopo.

Zopo sendiri sempat menjadi perhatian pasar karena mereka mengeluarkan produk terbaru mereka dengan menggunakan chipset decacore. Meskipun menggunakan chipset decacore, harga yang ditawarkan sangat masuk akal.

2. Wasam

Wasam merupakan salah satu brand china yang memiliki kemiripan logo dengan samsung. Tapi mereka mengklaim bahwa mereka hanya terinspirasi dengan logo tersebut.

Wasam sendiri memiliki kantor pusat di Shenzen China. Produk mereka ternyata gak sekedar smartphone dengan brand Wasam saja. Mereka memiliki sub-brand yaitu Telego dan Best Sonny yang menargetkan pasar kelas menengah ke bawah. Harga yang ditawarkan memang sangat menarik untuk market disana.

3. Vsun

Vsun merupakan salah satu brand yang juga diproduksi di Shenzen. Ya, Shenzen memang terkenal sebagai wilayah produksi smartphone terbesar di China. Target pasar mereka sendiri lebih ke arah Timur Tengah dan Afrika.

Pasar tersebut diambil karena mereka melihat market tersebut tidak banyak digarap oleh kompetitor. Selain itu alur distribusi yang sedikit sulit membuat mereka yakin bisa menjadikan Timur Tengah dan Afrika sebagai market utama.

4. Smartisan

Smartisan merupakan salah satu smartphone yang berbasis Android dan mendapatkan kerja sama dengan salah satu pemiliki media social tiktok. Mereka membuat salah satu produk ternama mereka bernama Smartisan Nut Pro 3 yang diperuntukkan untuk para pengguna TikTok.

Meskipun diperuntukkan untuk pasar TikTok, smartphone ini tidak mudah menggeser pasar yang sudah ada. Mereka masih fokus pada pasar menengah ke bawah.

5. Cubot

Cubot sendiri merupakan salah satu produk yang cukup laris di pasaran. Tetapi produk ini larisnya di pasaran Amerika Latin, Timur Tengah dan Rusia. Market mereka belum bisa dirasakan oleh kebanyakan wilayah Asia khususnya Indonesia.

Cubot sendiri memiliki produk yang cukup bagus dan memiliki harga yang kompetitif. Maka dari itu, mereka cukup naik dengan baik dipasaran yang mereka targetkan.

6. Tenor

Tenor baru tumbh beberapa tahun belakangan. Dibuat oleh salah satu perusahaan teknologi di China yang bernama Huaqin Technology membuat mereka merasa siap untuk menembus pasar. Namun saat ini pasar mereka baru fokus pada daerah India saja. Selain itu smartphone ini juga baru bisa dipesan secara online di Amazon India.

Nah, sekian dulu berbagai produk smartphone China yang terus berkembang tetapi kamu tidak banyak mengetahuinya. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *