Gagal Bisnis? Coba 5 Tips Ini Biar Tidak Putus Asa

Pasang surut dalam suatu kegiatan usaha adalah hal yang biasa. Bahkan tidak jarang terdapat risiko bangkrut saat menjalankan suatu bisnis. Namun bangkrut bukan berarti kamu harus putus asa loh.

Kebangkrutan mungkin bisa menjadi bahan pelajaranmu nantinya karen banyak sekali orang yang dulunya juga bangkrut saat menjalankan binis. Salah satu contoh asli adalah Steve Jobs. Steve Jobs pernah bangkrut dalam berbisnis dan kemudian harus menjual Apple yang selama ini dia bangun. Kemudian dia berhasil kembali memiliki Apple yang dahulu dia lepas.

Nah, apa saja sih tips biar tidak putus asa? Baca artikel berikut

1. Gagal Adalah Pembelajaran Penting

Gagal adalah bagian penting dalam sebuah perjalanan bisnis. Kamu akan merasakan berbagai rintangan sebelum kamu bisa menikmati nikmatnya sebuah keberhasilan. Beberapa pelajaran yang kamu miliki dan dapatkan pada saat menjalankan bisnis bisa menjadi bahan pertimbangan pada bisnis selanjutnya. Tentu kamu tidak mau terjatuh pada lubang yang sama bukan.

Jenis kegagalan ini harus kamu klasifikan dan list apa saja yang salah dan apa saja yang benar. Tidak ada salahnya jika kamu bertanya pada mantan karyawan ataupun advisor sekitar untuk mengetahui kesalahan yang kamu lakukan supaya lebih jelas. Kemudian jadikan kesalahan tersebut sebagai bahan pembelajaran dikemudian hari.

2. Miliki Tokoh Idola

Tokoh idola disini bisa siapa saja tetapi pilihlah yang bisa memacu semangat bisnismu. Tidak salah jika memiliki mentor yang sudah sukses dan berhasil dalam bisnis serupa. Dari mentor yang kamu miliki ini akan memberikan pelajaran bisnis dan bantuan jika kamu terjatuh lebih dalam lagi.

3. Pahami Cara Sukses Pebisnis Lain

Membaca menjadi salah satu hal yang tepat ketika hendak melakukan bisnis. Kamu bisa membaca proses sukses pebisnis lain dan jadikan dia sebagai salah satu role model dalam bisnis Anda. Sehingga ketika kamu gagal maka kamu akan terpacu kembali untuk bangkit dalam berbisnis karena yang bangkrut atau gagal dalam berbisnis tentu bukan kamu saja.

Berbagai cerita sukses para pebisnis pasti ada kegagalan dalam beberapa hal hingga akhirnya dia bisa sukses kembali. Nah, kamu pelajari hal tersebut biar lebih termotivasi.

4. Memperluas Koneksi

Saat gagal dalam berbisnis maka saatnya kamu mencari teman dan rekan baru. Perluas koneksimu karena saat itulah kamu memiliki waktu yang cukup. Kamu bisa menghubungi orang terdekat denganmu supaya bisa saling menyemangati.

Selain itu dengan memperluas koneksi akan memberikan manfaat peluang bisnis baru. Jadi tidak menutup kemungkinan kamu bisa memulai bisnis baru dengan ide bisnis yang lebih luar biasa lagi.

5. Ikhlas dan Tingkatkan Motivasi

Dalam sebuah kegagalan maka tidak ada sifat yang paling penting selain ikhlas dan tetap memotivasi diri sendiri karena yang paling tepat dalam memotivasi diri sendiri adalah diri sendiri. Kamu harus mulai dengan ikhlas akan kegagalan yang telah kamu lakukan kemudian dilanjutkan dengan tetap memotivasi diri sendiri supaya tetap semangat dalam menjalankan kegiatan lainya. Kamu bisa mendapatkan berbagai motivasi ini juga dari pasanganmu.

Sekian dulu penjelasan kami kali ini, semoga penjelasan kami kali ini bermanfaat untuk semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *