Pesona Indah Goa Kutamaneh Tempat Johny Indo Bersembunyi

Nama goa kutamaneh menjadi kembali naik daun pasca meninggalnya Johny Indo. Goa ini berada di Sukabumi atau lebih tepatnya terletak di Kampung Babakan Ciburial, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Cukup lengkap uraian lokasi yang kami jelaskan biar kalian gampang jika ingin berkunjung ke goa ini.

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke lokasi ini, tempatnya cukup jauh dari kota sukabumi. Jadi kamu harus melakukan perjalanan 2 jam untuk sampai ke Goa ini. Konon goa ini menjadi tempat bersemedih Raja Pajajaran, Prabu Siliwangi dan yang terkenal Raden Kian Santang.

Dalam goa ini terdapat 9 ruangan yang berbentuk kamar tidur. Hal ini terjadi karena memang goa ini sudah lama menjadi salah satu tempat istirahat para raja dahulu kala.

Nah, apakah kamu tau bahwa tempat ini juga menjadi salah satu tempat bersembunyi Johny Indo ketika kabur dari pengerjaran polisi. Terbukti cukup susah mendeteksi Johny Indo saat kabur kesini karena dulu akses untuk kesini cukup sulit.

Tempat ini menjadi salah satu tempat tujuan wisatawan lokal untuk melakukan hal mistis ataupun sekedar tempat berkunjung. Namun, juga banyak loh wisatawan luar yang datang kesini untuk melakukan berbagai hal.

Untuk masuk ke dalam goa ini, kamu akan dibimbing oleh seorang juru kunci yang biasa menjaga goa ini. Juru kunci ini mirip Guide tetapi sifatnya turun temurun makanya namanya jadi juru kunci goa.

Saat berkunjung ke goa ini, alat penerangan yang tersedia hanya obor yang disekitarnya ada besi untuk berpegangan. Dibagian dalam cukup curam sehingga harus berhati-hati ketika ingin melakukan perjalanan lebih dalam lagi.

Menurut juru kunci disana, sebenarnya tempat ini memiliki 11 ruangan tetapi yang diketahui kebanyakan orang hanya 9 saja. Sisanya membutuhkan waktu cukup lama mencari tempat tersebut dan lebih dalam lagi. Maka dari itu tidak banyak yang mau melanjutkan hingga ke semua ruangannya.

Dalam goa ini juga terdapat kelelawar dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya kelelawar akan keluar saat akan makan ataupun ingin minum. Bagian ujung goa ini juga terdapat aliran sungai yang sangat bersih. Kabarnya air disini tidak pernah kering meskipun musim kemarau.

Untuk kamu yang akan kesini dalam waktu dekat, pastikan hindari pas bulan Maulid karena disini cukup ramai oleh pengunjung tirakatan. Selain itu juga hindari pada malam jumat Kliwon karena bakalan ramai penggunjung. Tapi selain dari jadwal tersebut, tempat ini cukup sepi dengan pengunjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *